Jenis-jenis Kertas Struk

Paper roll atau yang kita kenal dengan kertas struk biasa digunakan sebagai bukti pembayaran di supermarket, resto, pom bensin, dll. Ada 3 jenis kertas struk yang akan kita bahas di artikel ini yaitu Kertas Thermal, Kertas HVS dan Kertas NCR (Non Carboneless Paper).

  • Kertas Thermal.jenis kertas thermalkertas ini memiliki tekstur halus dan mengkilap dan biasa digunakan pada mesin atm, mesin kasirmesin pos, mesin parkir, dll. Mesin-mesin tipe baru saat ini banyak yang sudah menggunakan Printer Thermal karena kecepatan mencetak 20 baris perdetik, kualitas hasil mencetak dan biaya perawatan yang murah. Harga kertas thermal memang relative lebih mahal dari jenis kertas lainnya, hal ini dikarenakan kertas ini mempunyai banyak kelebihan dari jenis kertas lainnya.
  • Kertas HVS.Kertas HVS inimemiliki tekstur halus dan didesain khusus dengan ukuran 76mm x 60mm untuk keperluan cetak struk Printer Kasir bertipe Dotmatrix di Toko, Minimarket, SPBU, Bank, Rumah makan, Cafe, dll. Banyak tempat yang masih menggunkan printer Dotmatrix karena harga beli mesin yang jauh lebih murah dari printer Thermal.
  • Kertas NCR (Non Carboneless Paper).Kertas NCR (Non Carbonless Paper) ini memiliki 2 atau 3 lapisan kertas, ketika kita mencetak struk pembayan, hasil cetakan akan langsung menjadi 3 kertas (hasil cetakan tembus ke lapisan kertas ke 2 atau 3) tanpa menggukan lapisan kertas karbon. Kertas NCR dapat di cetak menggunakan printer Dotmatrix.
  • Share post