Cara mudah merawat mesin timbangan digital

Timbangan menjadi alat vital untuk beberapa jenis usaha seperti : toko, jasa pengiriman, supermarket, dll. Seiring berkembangnya teknologi kini mesin timbangan memiliki system digital yang jauh lebih canggih dari timbangan analog. Jika dibandingkan dengan timbangan analog, mesin timbangan digital memiliki tingkat akurasi yang lebih tepat.

Sistem pengukuran berat yang sebelumnya menggunakan sistem perhitungan manual kini berevolusi menjadi timbangan berbasis digital yang lebih modern, bahkan saat ini beberapa timbangan sudah dilengkapi dengan printer, lcd display dan dapat terintegrasi dengan komputer untuk mempermudah proses transaksi.

mesin timbangan digi

mesin timbangan digi

Dengan banyak fitur canggih yang ditawarkan oleh mesin timbangan digital maka harus ada perawatan khusus agar mesin dapat berkerja dengan baik dan tahan lama. Oleh karena itu, kita perlu tau apa saja yang perlu dilakukan dalam merawat timbangan digital.

Cara merawat mesin timbangan digital

 

Setiap mesin timbangan memiliki cara tersendiri dalam hal perawatan tergantung dengan merek dan tipe dari mesin tersebut, berikut ini cara merawat mesin supaya tetap awet dan beroperasi dengan baik:

  • Jangan menimbang melebihi kapasitas mesin

Timbangan digital memiliki fungsi dan batasan kapasitas masing-masing. Berat barang yang melebihi kapasitas mesin akan membuat sistem menjadi kacau dan display tidak mampu untuk menampilkan berat dari barang tersebut. Segera kurangi beban yang melebihi kapasitas timbangan, Selain untuk hasil penimbangan yang akurat hal ini juga untuk menjaga dan melindungi timbangan digital dari kerusakan permanen

  • Letakan timbangan ditempat yang datar

Selain untuk mendapatkan hasil yang akurat hal ini juga untuk melindungi bagian dasar mesin dari kerusakan akibat dari beban dan guncangan pada saat proses penimbangan.

  • Menjaga sensor digital

beberapa tipe mesin kasir memiliki sensor halus oleh karena itu anda harus meminimalisir guncangan dan getaran.

  • Hindari tempat lembab

Meskipun ada beberapa tipe mesin timbangan yang diklaim tahan air namun ada juga mesin yang akan rusak jika terkena air oleh karena itu disarankan untuk meletakan mesin timbangan digital pada suhu normal.

  • Perhatikan Baterai atau daya pada mesin

Apapun jenis timbangan yang anda gunakan pastikan daya pada mesin tersebut sesuai dengan yang disarankan oleh masing-masing mesin hal ini berpengaruh pada kinerja mesin pada saat proses menimbang.

  • Bersihkan timbangan dari debu dan kotoran lainnya

Bersihkan timbangan digital dengan menggunakan kain bersih untuk di lap. Jika terdapat piringannya, maka cuci piringan tersebut dengan bilasan air dan keringkan.

  • Share post