Tipe Mesin Kasir (Cash Register)

Mesin Kasir (cash register) banyak digunakan di swalayan dan toko-toko besar ataupun kecil, mesin ini digunakan untuk membantu proses transaksi dan pencatatan laporan penjualan. hanya dengan memasukan barcode atau harga barang anda dapat dengan mudah menghitung total belanja pelanggan.

Mesin Kasir saat ini sudah dilengkapi teknologi terbaru yang terintegrasi dengan sistem komputer untuk memudahkan proses update data dan pengecekan laporan penjualan pada mesin tersebut. Cash Register terbagi menjadi 2 tipe yaitu POS (Point Of Sale) dan Portable.

Perbandingan diantara kedua tipe tersebut adalah :

Mesin Kasir POS

Cash Register POS menggunakan sistem operasi windows dan beberapa software tambahan untuk menjalankan sistem Mesin Kasir, mesin ini seperti layaknya sebuah komputer hanya saja mesin ini difokuskan untuk keperluan kasir dan pembukuan administrasi. mesin ini juga ditunjang dengan beberapa hardware tambahan seperti Printer untuk mencetak struk, laser barcode, cash drawer (laci uang) dan optional tambahan bisa menggunakan costumer display untuk menampilkan daftar belanjaan pelanggan. mesin ini juga bisa untuk mengecek laporan penjualan dengan sangat lengkap dan seperti layaknya komputer mesin ini bisa diinstal software microsoft office untuk mempermudah pengecekan laporan penjualan. mesin ini juga dilengkapi kemanan database yang diproteksi menggunakan password.

Contoh Cash Register POS : Delious Pico dan Appostar NP-3266

Mesin Kasir Portable

Mesin Kasir Portable didesain dengan bentuk yang elegan dan tidak terlalu besar sehingga membuat mesin kasir ini cocok diletakan dimana saja karena mesin ini tidak memakan banyak tempat. Mesin Kasir ini sudah di injeksi dengan sofware kasir dari pabrik pembuat mesin tersebut sehingga dipastikan aman untuk digunakan dan terkenal dengan stabilitasnya untuk menjalankan proses transaksi. Mesin ini sudah dilengkapi dengan mini costumer display, printer dan cash drawer (laci uang), berkemampuan untuk mencetak hasil laporan penjualan pada mesin tersebut, dilengkapi dengan tombol cepat sehingga denga  menekan tombol tersebut barcode product disimpan pada PLU untuk menampilkan nama barang serta harga pada saat proses transaksi.

Contoh Cash Register Portable : Sharp XE-A307 dan Sharp XE-A217B

  • Share post